Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kyai Abdulloh Faqih,Pengasuh Ponpes Langitan wafat


    Kyai Abdulloh Faqih,Pengasuh Ponpes Langitan wafat-Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Telah berpulang, Pengasuh Kiai Langitan Abdullah Faqih wafat, Rabu (29/2/2012). Kiai yang sering  jadi rujukan tokoh nasional ini akan dimakamkan esok.

    Kiai Faqih mengembuskan nafas terakhir di kediamannya, Ponpes Langitan, Widang, Tuban. Sebelumnya, ia jatuh dan pernah sakit selama beberapa waktu. Bahkan ia juga sempat dirawat di RS Graha Amerta, Surabaya.

    "Meninggal sekitar pukul 18.30 WIB," ungkap Ketua DPP PKNU Chairul Anam saat.

    Di kalangan NU, kiai Faqih tergolong kiai khos atau kiai utama. Selain mengelola pesantren, kiai asli Tuban ini aktif di berbagai kegiatan sosial dan politik. Ia tercatat sebagai Rais Mustasyar DPP PKNU.

    Cak Anam, panggilan akrab Chairul Anam, mengaku terakhir bertemu dengan Kiai Faqih pada Minggu (26/2) lalu. Saat itu, Anam tak sempat berbincang banyak karena kondisi Kiai Faqih sudah drop.

    Wafatnya kiai faqih tentunya menyimpan duka yang mendalam,Rencananya, Kiaf Faqih dimakamkan di pemakaman keluarga, Widang, Tuban. "Besok usai Dhuhur," jelas Anam.

    Kiai Faqih berperan besar dalam konflik  politik pascareformasi, terutama saat almarhum Abdurahman Wahid atau Gus Dur dicalonkan sebagai presiden. Atas perannya itu, muncul istilah "Poros Langitan". Poros ini merespon adanya dua kutub politik yang saling bertentangan saat itu.
    Atas Wafat nya Kiyai Abdulloh Faqih Pengasuh Ponpes Langitan,kami turut berduka dan berdoa agar beliau ditempatkan ,di tempat yang mulia di sisi Alloh swt.

    Posting Komentar untuk "Kyai Abdulloh Faqih,Pengasuh Ponpes Langitan wafat"