Pages

Selasa, 07 Agustus 2012

NU dan Muhammadiyah Idul Fitri 19 Agustus 2012

NU dan Muhammadiyah Idul Fitri 19 Agustus 2012-Dalam versi hisab Akhirnya dua ormas besar di Indonesia sepakat dalam menentukan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1433H atau 2012 M ini pada hari Ahad,  tanggal 19 Agustus 2012. Ini merupakan sebuah kabar gembira yang patut kita syukuri karena selama ini kedua ormas tersebut selalu berbeda dalam menentukan awal ramadhan dan jatuhnya hari raya Idul Fitri.Perbedaan itu sebagian besar karena perbedaan metode,jika Muhammadiyah hanya menggunakan metode hisab sedangkan NU menggunakan 2 metode yaitu HISAB sebagai prediksi penentuan dan menggunakan metode Rukyatul hilala (melihat bulan) untuk memastikan prediksi (hisab) tersebut.
NU dan Muhammadiyah Idul Fitri 19 Agustus 2012Kebersamaan dalam menentukan 1 Syawal 1433 H ini sangatlah baik karena hal ini tidak membingungkan umat. Kita sebagai rakyat patut menyambut baik keputusan ini. Dan biasanya keputusan dua ormas besar ini juga akan mempengaruhi keputusan pemerintah juga.

Keputusan NU dan Muhammadiyah Idul Fitri 19 Agustus 2012 di ungkap kan
Salah satu pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Marifat Iman membenarkan kemarin, sebagaimana yang diberitakan oleh Media Indonesia. “Idul Fitri sama, yaitu pada 19 Agustus 2012, karena pada 17 Agustus posisi hilal masih di bawah ufuk. Maka bulan baru 1 Syawal 1433 H jatuh pada lusa harinya, yaitu 19 Agustus,” tegas Marifat.
Dengan posisi hilal seperti itu, tambah Marifat yang juga anggota Komisi Fatwa MUI Pusat ini, semua umat Islam akan sepakat menetapkan awal bulan pada lusa harinya.

Hal NU dan Muhammadiyah Idul Fitri 19 Agustus 2012 juga dikemukakan Rois Syuriah PBNU KH Masdar F Masudi. Menurut Masdar, kalender NU menetapkan 1 Syawal juga pada 19 Agustus 2012. “Sebenarnya NU juga mempunyai hitungan hisab yang diperkukuh dengan rukyat atau melihat hilal atau bulan itu,” kata Masdar.

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) juga berharap perayaan Idul Fitri berlangsung serempak pada 19 Agustus 2012. “Alhamdulillah, saya kira kita semua berharap dapat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1433 H bersamaan, secara serempak,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Abdul Djamil kepada Media Indonesia, kemarin.
Namun, tambah Abdul, pemerintah tetap akan memutuskan hal itu melalui sidang isbat setelah memperoleh konfirmasi rukyat.

Akhir pekan lalu, Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga mantan Wapres Jusuf Kalla menegaskan bahwa seluruh umat Islam Indonesia akan merayakan Idul Fitri secara serempak pada 19 Agustus 2012. Demikian semoga bermanfaat.
NU dan Muhammadiyah Idul Fitri 19 Agustus 2012Ini semoga bisa memper erat ukhuwah islamiyah bangsa ini amiiiin,,,,,

1 komentar:

  1. syukurlah semoga bisa memper erat ukhuwah islamiyah bangsa ini amiiiin,,,,,

    BalasHapus