Pages

Rabu, 03 April 2013

Cara Memulai Bisnis Laundry

Di masa sekarang ini, kebanyakan orang lebih suka dengan hal-hal yang praktis. Sudah banyak sekali kebutuhan yang sebenarnya masih bisa diselesaikan sendiri, namun karena kesibukan yang padat, banyak orang yang menyelesaikannya dengan menggunakan jasa dari orang lain. Salah satu contohnya adalah kebutuhan untuk mencuci pakaian. Banyak ibu rumah tangga atau mahasiswa yang tidak punya waktu cukup untuk mencuci pakaian sendiri. Oleh karena itu mereka lebih suka menyerahkan urusan cuci pakaian ini pada jasa laundry.  Tentunya ini merupakan sebuah peluang masuknya duit terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin membuka jasa Laundy. Tertarik ingin mencobanya? Berikut ini saya jelaskan bagaimana cara memulai bisnis Laundry.
Langkah pertama, Survey Lokasinya dulu.
Pada saat memulai bisnis ini, lokasi usaha adalah salah satu faktor penting dalam menentukan sukses tidaknya usaha anda. Pastikan daerah yang akan menjadi tempat usaha anda ini memiliki pasar yang potensial. Usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan kampus, dekat kos-kosan mahasiswa dan dekat perumahan yang biasanya ditinggali oleh orang-orang sibuk dengan pekerjaannya. Biasanya lokasi yang saya sebutkan di atas ditinggali oleh orang-orang yang sibuk dan sedikit memiliki waktu untuk mencuci pakaian.
Langkah kedua, Siapkan mesin cuci
Jika anda memang ingin serius dengan bisnis laundry, maka keberadaan mesin cuci adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Gunakan mesin cuci yang memiliki kapasitas minimal 5kg. Harga mesin cuci saat ini berkisar antara 1 juta sampai 5 juta rupiah. Untuk tahap awal apalagi jika modal anda terbatas, cukup  beli mesin cuci yang harga 1 jutaan dulu. Biasanya mesin cuci yang lebih murah memiliki tingkat keawetan yang lebih jelek, namun anda bisa mengantisipasinya dengan membatasi jumlah cucian yang dimasukkan setiap kali mencuci, jangan masukkan cucian dalam jumlah besar sekaligus.
Langkah ketiga, siapkan karyawan, inventaris dan perlengkapan Laundry
Misalnya seperti seterika listrik, rak dan keranjang untuk menampung pakaian, sabun cuci dan pewangi. Cari juga 1 orang karyawan untuk membantu anda, anda bisa memberikannya gaji dengan sistem upah variabel untuk di awal usaha agar tidak rugi. Upah variabel maksudnya tergantung dari omzet pemasukan nanti.
Langkah keempat, Promosikan usaha anda
Bagaimanapun hebatnya pelayanan anda, usaha anda akan sepi pelanggan jika tidak ada yang mengetahuinya. Promosi adalah kunci keberhasilan anda saat memulai bisnis. Promosikan usaha anda dengan menggunakan brosur, facebook dan bantuan teman-teman anda. Sarana facebook terbukti efektif untuk mempromosikan usaha anda, apalagi jika anda mempromosikannya kepada teman-teman .
Ciptakan Nilai Lebih
Nilai lebih dari jasa yang anda tawarkan akan membuat pelanggan anda lebih senang dan setia menggunakan layanan anda. Misalnya dengan memberikan harga yang bersaing, kualitas cucian yang baik, atau juga dengan menyediakan layanan antar jemput yang tentunya bisa lebih memanjakan pelanggan anda. Ingat, nilai lebih itu merupakan strategi bertahan dan merebut pasar dalam bisnis apalagi jika jasa laundry ini banyak bertebaran di pinggir jalan. Jika nanti usaha anda sudah berkembang dan pelanggan anda sudah banyak, maka anda harus segera mengupgrade mesin cuci, menambah mesin cuci dan karyawan agar lebih efektif dan tidak mengecewakan pelanggan.
Bagaimana? Tertarik untuk memulai bisnis jasa laundry? Jika ada pertanyaan silakan masukkan di kolom komentar di bawah ini. Atau jika anda sudah punya bisnis laundry dan ingin berbagi, silakan sharing pengalaman anda di kolom komentar ini :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar