Minggu, 29 April 2012

Wapres:Pengeras Suara di Masjid Perlu di Atur


Wakil Presiden Boediono kembali menunujkan bahwa ia penganut faham liberal denagn meminta Dewan Masjid Indonesia untuk mulai membahas tentang pengaturan penggunaan pengeras suara di masjid.
"Kita semua sangat memahami bahwa azan adalah panggilan suci bagi umat Islam untuk melaksanakan kewajiban sholatnya," kata Wapres Boediono saat memberikan pengarahan sekaligus membuka Muktamar VI Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat. Perlukah usulan wakil presiden tentang pengaturan penggunaan pengeras suara di masjid ini di tanggapi serius?
Hadir dalam acara itu Menteri Sosial Salin Segaf Al Jufri.
Wapres beranggapan
, apa yang dirasakan barangkali juga dirasakan oleh orang lain, yaitu bahwa suara azan yang terdengar sayup-sayup dari jauh terasa lebih merasuk ke sanubari dibanding suara yang terlalu keras, menyentak, dan terlalu dekat ke telinga.oleh karenanya ia mengusulkan agar pengeras suara adzan di masjid diatur agar tidak terasa sakit di telinga
Menurut Wapres, Al-Qur`an pun mengajarkan kepada umat Islam untuk merendahkan suara sambil merendahkan hati ketika berdoa memohon bimbingan dan petunjuk-Nya. Itu tentang doa pak wapres,,,,,adzan itu bukanlah doa melainkan ajakan untuk melakukan sholat berjama ah,,,,,fakta,dengan pengeras suara saja kalah ama tv di rumah masing2 warga betul gak?
Wapres dalam kesempatan itu juga menyoroti soal masalah kebersihan umat Islam

"Kita semua pernah mendengar atau membaca hadis Rasulullah SAW yang terkenal yang mengatakan bahwa Kebersihan adalah bagian dari iman. Setiap mukmin harus menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya," kata Wapres.
Dikatakan, masjid sebagai tempat suci untuk melaksanakan ibadah yang diperintahkan Allah harus menjadi contoh sebagai tempat paling bersih di antara tempat-tempat lain.
Kebersihan, terutama di tempat berwudhu, serta aroma yang sedap di lingkungan masjid akan menambah kekhusyukan ummat dalam beribadah.
Wapres mengatakan, kebersihan yang dimulai dari masjid akan menularkan kebiasaan bersih di lingkungan lain seperti rumah, sekolah, dan tempat kita bekerja.
Wapres mengakui salah satu keunikan agama Islam sebagai agama wahyu terakhir adalah adanya kesatuan arah dalam beribadah.
Dari masjid di seluruh dunia, ketika menghadap Rabbul alamin dalam sholat maupun berdoa, semua menghadapkan tubuh ke arah yang sama yakni Baitullah Ka`bah di Mekkah.
"Juga mengikuti peredaran waktu dan matahari, tidak satu detik pun di seantero planet bumi ini lepas dari suara azan karena waktu sholat yang berbeda-beda," kata Wapres
Soal usulan Wapres tentang aturan pengeras suara di masjid memang perlu di perhatikan,kapan waktu boleh menggunaka pengeras suara dan kapan tidaknya,….karena fakta di lapangan khusus nya pada bulan romadhon Banyak orang membaca alquran/tadarus di jam malam dengan pengeras suara di masjid ,dan itu sangat mengganggu orang beristirahat,apalagi bagi orang yang terbiasa melakukan sholat malam di jam 3nan,,,,untuk itu Blogsnewsunik merasa perlu aturan pengeras suara  di masjid dan di manapun agar tidak merugikan dan mengganggu ibadah orang lain….. so….jangan arogan dan gampang negative thinking,,,,,,,sebelum protes mari di renungkan dulu,,,,tentang usulan wapres pengaturan pengeras suara di masjid

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar