Pages

Jumat, 26 Oktober 2012

Tempat Mandi Awet Muda


Tempat Mandi Awet Muda-Pemandian Bikin Awet Muda - Di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Malang, terdapat sebuah pemandian penuh legenda dan sejarah. Inilah Pemandian Wendit, yang dipercaya bisa membuat awet muda. Mau coba?





Anda tak akan menemukan pemandian kuno ala putri-putri Raja Tempat Mandi Awet Muda. Masuk ke area Wendit Water Park, wisatawan akan disuguhkan beragam wahana air seperti kolam arus, water boom, worm coaster, sepeda air, sampai wisata perahu. Tiap bulan Syawal dalam kalender Islam, tempat ini digandrungi warga setempat yang dihibur pertunjukan artis-artis ibukota.

Apakah Wendit Water Park yang konon airnya bisa bikin awet muda? Ya dan tidak. Tepat di sebelahnya, terdapat Pemandian Wendit yang dimaksud. Bentuknya tak juga seperti pemandian kuno pada umumnya. Tak ada patung atau arca. Pemandian Wendit lebih seperti kolam buatan.

Area ini telah menjadi Pemandian Bikin Awet Muda objek wisata rekreasi sejak awal 1980-an. Diambil alih oleh pemerintah daerah Malang dan dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum. Mengingat banyaknya wahana air di Wendit Water Park, tak banyak pengunjung yang tahu kalau Pemandian Wendit penuh legenda dan sejarah. Sampai sekarang, mandi di sini dipercaya bisa bikin awet muda.

Konon nama Wendit berasal dari kata Wendito, yang artinya Pendito atau Pendeta. Zaman dulu, masyarakat Suku Tengger mengambil air suci dari Gunung Widodaren yang masuk dalam gugusan Pegunungan Bromo. Namun seiring berjalannya waktu, terjadi pergeseran Gunung Widodaren yang menyebabkan sulitnya akses menuju lokasi air suci.

Para Pandito bersemedi kepada Sang Hyang Widhi. Wahyu pun turun, berupa percikan air suci Widodaren ke arah Malang. Pandito lalu memilih Bukit Mangliawan sebagai tempat bersemedi. Didapatlah mata air yang kemudian dinamakan Wendito.

Nama Desa Mangliawan berasal dari cerita Ramayana dengan tema Hanoman. Banyak pengunjung yang mengasosiasikan cerita ini dengan banyaknya monyet di area Wendit. Para monyet ini dipercaya sebagai punggawa kerajaan dari Suku Tengger.

Pemandian Bikin Awet Muda Masyarakat setempat percaya air di Wendit sama sucinya dengan air Widodaren di Bromo. Selain membuat awet muda, air di Pemandian Wendit juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, membuat enteng jodoh, dan murah rezeki.

Pada zaman pendudukan Jepang, Wendit sempat tak terurus dan rusak. Pada medio 1960-an, Wendit menjadi basis pertahanan pejuang. Di area Wendit Water Park terdapat monumen pesawat Mig-19 yang dulu berpangkalan di Bandara Abdul Rachman Saleh.

Sekarang, Pemandian Wendit bersanding apik dengan Wendit Water Park. Lanskap hijau masih mendominasi pemandangan. Bangku-bangku santai berjejer di tepi pemandian. Di sini, wisatawan juga bisa melihat beberapa peninggalan masa lampau. Beberapa arca kuno tersebar di sekeliling Pemandian Wendit.

Harga tiket masuk ke
Pemandian Bikin Awet Muda Pemandian Wendit cukup terjangkau, Rp 10.000 per orang dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan. Di area Wendit Water Park juga terdapat restoran apung, kantin, tempat outbond, spa, cottage, dan toko cinderamata

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar