Pages

Selasa, 27 Desember 2011

5 Modifikasi Siri Yang menakjubkan

5 Modifikasi Siri Yang menakjubkan-Di akhir tahun ini, penggemar gadget dilanda demam Siri, asisten digital yang ditanamkan dalam iPhone 4S besutan Apple. Namun akhir akhir ini di ketemukan banyak keterbatasan,sperti belum dapat mengeksekusi perintah tertentu atau terkadang salah memahami pertanyaan pengguna.

Apple beralasan Siri masih merupakan versi beta, dan ke depannya akan terus dilakukan penyempurnaan terhadap aplikasi ini. Tapi sebagian penggila teknologi di dunia sudah tidak sabar menunggu Apple menyempurnakan Siri, dan mereka secara kreatif memodifikasi aplikasi ini sehingga "asisten dalam genggaman" tersebut memiliki beragam kemampuan yang cukup mengagumkan.

Situs teknologi TechCrunch, pada Senin, 26 Desember 2011, memuat lima daftar modifikasi Siri menakjubkan terunik tahun ini, antara lain:

1. Beeri
Beeri merupakan salah satu modifikasi Siri generasi pertama. Beeri merupakan sebuah perangkat robot yang berbentuk mobil, dan dapat diperintah menuangkan minuman kaleng ke dalam gelas melalui Siri.

Cara kerjanya adalah sekaleng bir atau minuman lain diikat pada mobil mainan yang dilengkapi dengan microcontroller Arduino Uno yang terhubung lewat wi-fi. Pengguna kemudian meminta Siri mengirim twit "tolong tuangkan bir untukku" ke akun Twitter Beeri, dan pesan ini diteruskan ke microcontroller Arduino yang ditanamkan pada mobil mainan tadi.

Setelah twit terkirim, mobil akan mulai berjalan dan menabrakkan diri pada sebuah pelat tajam yang akan mengiris kaleng tersebut, dan menuangkan isinya ke dalam gelas melalui sebuah corong. Meski terlihat lucu, sayangnya setengah isi kaleng tumpah dalam aksi komikal yang dilakukan Beeri ini.

2. Nyalakan Mobil dengan Siri
Siapa penggemar Knight Rider yang tidak ingin memiliki mobil supercerdas yang bisa diperintah penggunanya secara lisan? Brandon Fiquett membuat keinginan tersebut menadi nyata,ia memodifikasi Siri agar dapat diperintah untuk menyalakan mesin, membuka tutup bagasi, mengunci pintu, hingga mengaktifkan alarm.

Yang dilakukan Fiquett adalah menciptakan sebuah plugin yang dapat berinteraksi dengan script PHP yang terdapat pada webserver miliknya. Script PHP tersebut memungkinkan Fiquett mengirimkan perintah ke mobilnya yang memiliki sistem SmartStart Viper. Fiquett mengunggah video dirinya sedang menyalakan dan mematikan mobil Acura TL miliknya dari luar kendaraan di YouTube dengan judul 'Siri - "Start my car" - with my Acura TL'.

3. Rumah Pintar dengan Siri
Dengan cara yang mirip dengan modifikasi mobil sebelumnya, komunitas ioBridge mengembangkan kemampuan Siri, sehingga asisten ini dapat diperintah untuk menyalakan berbagai perangkat rumah tangga. Bila pengguna menyatakan ia kedinginan, Siri akan bereaksi dengan menyalakan pemanas ruangan. Siri juga bisa mengeksekusi perintah untuk menyalakan dan mematikan lampu, serta mematikan semua perangkat elektronik dalam rumah.

4. Piano Bermain Sendiri
Bila suatu saat Anda melihat piano Yamaha Disklavier dapat berbunyi sendiri tanpa seorang pun memainkannya, jangan terburu-buru membayangkan hal mistik karena bisa jadi Siri berada di balik kejadian ini.

Mau tau Rahasianya? pada perangkat penerima wi-fi Apple Airport Express yang disambungkan dengan piano, dan file musik berbentuk MIDI yang disimpan dalam library pengguna.

Saat pengguna menyuruh Siri memainkan lagu tertentu, data mengenai lagu tersebut akan dikirim secara wireless pada perangkat Apple Airport Express. Piano pun akan memainkan lagu tersebut secara otomatis.

5. Remote Universal
Dengan menggunakan SiriProxy dan Arduino IR Box, Siri mampu mengubah channel televisi. Ketika pengguna berkata ia ingin melihat History Channel, misalnya, Siri akan menampilkan acara yang sedang diputar di channel tersebut, dan pengguna diberi pilihan untuk mengganti channel atau tidak.

Tidak hanya itu, peretas bahkan menambahkan kosa kata baru yang kocak tapi terbilang kasar untuk aplikasi ini. Misalnya saat pengguna meminta Siri mengganti channel, ia akan melakukannya sambil berkata "Channel telah kuganti, dasar pemalas", atau mengatakan "Apakah kamu benar-benar ingin melihat sampah ini", saat memperlihatkan acara berita yang sedang diputar CNN
Sekian dulu artikel tentang “5 Modifikasi Siri Yang menakjubkan” semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar