Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan "Font Jawa" di Windows


    Penggunaan "Font Jawa"  di Windows-Ki Demang Sokowetan seorang pemerhati aksara dan bahasa Jawa, Ki Demang Sokowetan, menuturkan bahwa penggunaan aksara Jawa di "font" dalam program "windows" terbaru pada komputer buatan Microsoft akan segera terealisasi.
    "UNESCO telah membantu kami untuk mendaftarkan aksara Jawa masuk `font` komputer kepada Unicode," seperti yang kami kutip dari ANTARA di sela-sela Kongres Bahasa Jawa (KBJ) ke-5 di Surabaya, Kamis.
    Di KBJ-5 yang diikuti 600-an anggota di Surabaya (27-30/11) itu, ia bersyukur Unicode selaku lembaga resmi yang berwenang membuat standar kode pada sistem komputer di seluruh dunia, telah mengakui aksara Jawa masuk dalam "font" komputer
    "Sekarang, kami tinggal menunggu realisasinya dan Microsoft sudah berjanji akan memasukkan dalam windows versi terbaru. Kalau sekarang windows7, ya mungkin nanti windows8 atau versi terbaru sudah ada," ucapnya.
     UNESCO tertarik untuk membantu karena dunia beranggapan aksara Jawa sudah perlu diselamatkan agar tidak punah, karena itu registrasi secara "font jawa" diharapkan akan menjaga aksara jawa dari kepunahan.
    Sebagai pengembang piranti lunak,Microsoft dan Apple pastinya sangat berkepentingan dengan aksara Jawa, karena Indonesia merupakan pasar komputer yang menjanjikan.
    Bahkan, pengembang seluler dari setahun lalujuga telah menghubungi Ki Demang, karena ia telah mampu menciptakan `software` Bahasa dan Aksara Jawa sebagai aplikasi Unicode yang gampang dipelajari siapa saja,
    Siapapun akan mampu menggunakan "software" Aksara Jawa ini akan dapat menulis Bahasa Jawa dengan tepat dan benar, asalkan dia bisa menggunakan program "Ms Word", karena tinggal aplikasi pada font "Ajisaka".
    Tapi Ki Demang belum bisa memenuhi permintaan seluler itu secepatnya, karena  masih menunggu aplikasi Microsoft dan juga peluncuran software itu.
    Hingga kini banyak peneliti asing siap membantu peluncuran "software Aksara Jawa" itu di negaranya. Ki Demang masih mengharapkan peluncuran software Jawa itu ya di Jawa, saya menunggu respons pihak berwenang dulu.
    nah,,,Penggunaan "font jawa" di Windows saya yakin akan lebih simpel dan mudah,,,,silahkan di kunyah 2 ya hidanganya,,,hehehehh

    Posting Komentar untuk "Penggunaan "Font Jawa" di Windows"